Home Website Mudah! Cara Mengatasi Error WordPress: Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute

Mudah! Cara Mengatasi Error WordPress: Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute

0
Mudah! Cara Mengatasi Error WordPress: Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute

Sebagai pemilik website, Anda tentu menyadari betapa pentingnya melakukan perawatan secara baik. Tujuanya adalah agar website anda selalu fresh, sehat dan berfungsi optimal serta terhindar dari errornya system website itu sendiri. Loh kok error?.

Mengapa website bisa mengalami error?

Website adalah sistem bekerja atas dasar bahasa pemrograman ataupun cms yang digunakan. Cara kerja website tidak berdiri sendiri, selain relasi kerja dalam program-program (plugin, template, cms) nya sedniri, juga berhubungan dengan berbagai sistem lainya, terutama hosting (server), browser & juga jaringan internet. Ketidak cocokan sistem kera di antara bagian-bagian itu akan menyebabkan kinerja website juga terhambat atau bahkan mengalami error. Karena alasan itu makanya para webmaster selalu rajin melakukan pengecekan dan pemeliharaan (maintenance) website yang dikeloanya.

Baca juga: Solusi Maintenance Website Paling Mudah

Salah satu aktivitas yang ada dalam maintenance website adalah melakukan update terhadap plugin ataupun modul-modul yang ada di dalamnya. Dengan melakukan update plugin dan modul-modul kerjanya harapanya adalah akan ada peningkatan performa serta penambahan fitur-fitur yang baru.

Namun, melakukan update website seperti wordpress juga bukan hal yang sangat mudah. Ada kalanya ketika Anda melakukan update plugin wordpress, website kita justru akhirnya mengalami masalah. Salah satunya yang sering terjadi adalah muculnya halaman putih dengan tulisan : Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute.

Hal itu membuat website tidak bisa bekerja. bahkan sering kali anda sudah menunggu lebih dari 1 menit, bahkan lebih dari 30 menit ataupun ber jam-jam tapi masih tetap muncul tulisan tersebut.

Pertanyaanya, Bagaimana cara memperbaiki website wordpress yang muncul tulisan Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute?

Untuk mengatasi error website wordpress tersebut sesungguhnya sangatlah mudah. bahkan tak membutuhkan skill bahasa pemrograman sedikitpun.

Modal yang dibutuhkan hanyalah sedikit pengetahuan tentang cara mengoperasikan cpanel hosting. Terutama bagian file manager pada hosting tersebut.

Nah, berikut adalah cara paling mudah memperbaiki wordpress error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute ;

  1. Masuk ke cPanel webhosting wordpress Anda
  2. Buka file manager pada direktori public_html
  3. Setelah berada ke folder/direktori public_html, Anda akan menemukan file dengan nama .maintenance. File inilah yang menyebabkan munculnya tulisan Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute pada website WordPress Anda. Agar error tersebut hilang, silakan delete file tersebut dan kemudian reload dashboard website Anda. note: Jika Anda tidak menemukan file tersebut, silahkan centang dulu “Show Hidden Files”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here