manfaat website untuk bisnis

Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat tentu juga mendorong berbagai perubahan, baik pada sisi penggunaan perangkat dan teknologi maupun kebiasaan cara menjalani aktivitas.

Salah satu contoh nya adalah, dulu penggunaan internet hanya dilakukan oleh kalangan terntentu dan di daerah perkotaan saja. Tetapi sekarang hampir semua orang, di manapun, menggunakan internet sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Bahkan anak-anak usia dinipun sudah mengenal instagram, facebook, youtube dan lainya. Dulu hanya segelintir orang yang mengenal google dan istilah browshing ataupun website. Sekarang, hampir semua kalangan umum sudah sangat familiar dengan google dalam mencari informasi.

Begitu juga dalam segi kebiasaan aktivitas sehari-hari yang juga tak luput dari perubahan sebagai akibat dari perkembangan teknologi. Bukan hanya dalam aktivitas browsing ketika mencari informasi, tetapi juga dalam kegiatan bisnis dan jual beli. Mayoritas orang saat ini sudah sangat familiar dengan toko online seperti lapakpedia.com ataupun marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, travelpedia dan sebagainya. Bahkan saking tingginya transaksi jual beli online, kini perusahaan jasa kurir antar barang sudah begitu menjamur. Sebut saja JNE, J&T, Wahana dan sebagainya.

Dulu melakukan jual-beli secara online merupakan hal tabu bagi umumnya orang. Tentu berbeda jauh dengan kondisi sekarang, di mana orang justru merasa bangga dan puas ketika melakukan transaksi online. Entah berapa banyak putaran uang transaksi yang terjadi setiap harinya di shopee, tokopedia, buka lapak ataupun yang lain.

Bahkan kecenderungan orang untuk melakukan browsing informasi sebelum membeli atau bertransaksi kini kian meningkat. Mayoritas orang ingin praktis, mendapatkan informasi semudah dan secepat mungkin.

Hal itu dalam kacamata bisnis tentu adalah peluang sekaligus tantangan tersendiri. Para pelaku usaha mau tidak mau harus cepat melakukan adaptasi terhadap kemajuan tekonologi website online dalam menjalankan bisnis dan usahanya.

Mereka ditantang bagimana cara menyuguhkan informasi kepada calon pelanggan secepat dan seakurat mungkin kepada publik yang lebih luas. Sehingga mau tidak mau, para pelaku bisnis ataupun pengusaha juga harus mampu memanfaatkan teknologi internet online sebagai media untuk menujang bisnis dan usahanya.

Dengan demikian memiliki website sendiri bagi perusahaan ataupun bisnis dan usaha menjadi wajib, jika tak mau kehilangan peluang dan pangsa pasar.

Mengapa Mesti Memiliki Website Sendiri ?

Mungkin dalam benak anda pertanyaan seperti juga terlintas. Kenapa tak memanfaatkan saja berbagai marketplace yang memberikan space toko untuk berjualan online secara gratis saja?.

Ya, memanfaat space gratis marketplace untuk membuka toko online memang bisa saja untuk berjualan atau promosi bisnis. Tetapi tentu memiliki keterbatasan di mana di dalamnya juga banyak pelaku usaha ataupun bisnis yang juga melakukan promosi di marketplace tersebut. Dengan demikian, selain persaingan, marketplace juga memiliki karakter yang berbeda dengan website sendiri dalam menopang kesuksesan bisnis dan usaha anda. Hal ini berbeda dengan memiliki web bisnis yang profesional sendiri, anda akan mendapat keuntungan dan manfaat sepenuhnya.

Kembali ke pertanyaan mengapa harus memiliki web bisnis profesional sendiri. Website merupakan salah satu teknologi informasi terbaik yang bisa menjadi sarana pertukaran informasi kepada konsumen atau klien Anda secara lebih mudah, cepat, dan tanpa batas jarak maupun waktu. Dengan kata lain, konsumen maupun calon konsumen Anda akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat kapanpun dan dimanapun. Baik menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet, ataupun bahkan hanya dengan gadget yang mereka miliki.

Bahkan lebih dari itu, bukan hanya informasi, tetapi transaksipun juga dilakukan dengan mudah melalui website atau aplikasi mobile. Hal ini tentunya adalah peluang yang sangat bagus untuk mensukseskan bisnis dan usaha anda.

Namun, untuk memiliki website yang mampu menopang kesuksesan bisnis memang bukan perkara mudah. Hal ini karena website bisnis tentu berbeda dengan umumnya blog biasa. Web bisnis, selain harus mampu menyajikan informasi produk yang akurat juga harus tampil profesional dengan berbagai fitur-fitur bisnis yang dibutuhkan. Hal itu tentu membutuhkan biaya yang tak murah, bahkan jika dikerjakan sendiri sekalipun.

Baca Juga : Cara Memiliki Website Profesional Dengan Mudah

Pertanyaan dasarnya adalah

“apa sih manfaat atau keuntungan memiliki website sendiri?”

Walupun untuk membuat website membutuhkan biaya tersendiri, namun dengan memiliki website sendiri anda akan mendapatkan manfaat dan keuntungan yang tentunya tak bisa didapatkan jika tak mempunyai website.

Nah, berikut adalah 20 keuntungan dan manfaat memiliki website bagi perusahaan, bisnis dan usaha.

Sekarang Mari Kita Ulas Apa Saja Manfaat Website Untuk Perusahaan dan Bisnis

  1. Manfaat Web Yang Pertama adalah Sebagai Media Branding dan Membangun Reputasi

Membangun brand usaha taupun bisnis adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan branding yang baik, orang akan lebih mengenal perusahaan Anda. Sehingga proses pemasaran produk usaha atau bisnis perusahaan Anda akan jauh lebih mudah.

cara melakukan branding dengan website

Dalam urusan melakukan branding dan membangun reputasi, website adalah sarana yang tepat. Dengan memiliki website yang profesional, perusahaan anda akan terkesan positif dan baik di mata calon pelanggan. Website perushaan atau bisnis Anda bisa didesain sesuai kebutuhan ataupun dengan ciri khas khusus tersendiri. Sehingga memberi kesan yang profesional dan maju di mata para pelanggan Anda.

Selain itu, tersedianya informasi yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau akan sangat membantu dalam meningkatkan reputasi perusahaan atau binis Anda dihadapan konsumen atau calon konsumen, sehingga reputasi perusahaan akan meningkat baik.

  1. Manfaat Website yang ke dua adalah Sebagai Media Promosi dan Transaksi 24 Jam

Pernahkah Anda berfikir bagaimana cara melakukan promosi 24 jam non stop, bahkan saat kita sedang tertidur ataupun beristirahat?. Dalam metode promosi tradisional hal itu sangatlah sulit dilakukan. Jikapun kita bisa melakukan promosi, tetapi apakah target promosi bisnis kita juga siap menerima dalam 24 jam?.

cara promosi online 24 jam

Dengan memiliki website sendiri hal itu sangat mudah dilakukan. Ketika kita mempublish informasi atau promosi di postingan website kita, maka semua isinya siap dibaca kapanpun dan dimanapun. Selain itu, promosi dengan website juga lebih tepat sasaran, karena yang berkunjung dan membaca konten website kita adalah mereka sedniri yang sedang mencarinya. Sehingga, pelanggan ataupun calon customer dapat membuka website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24 x 7 atau 24 jam sehari.

  1. Manfaat Website Yang ke Tiga adalah Menjadi Virtual Asset Bisnis

Dalam logika bisnis, apapun yang menghasilkan income (penjualan) adalah asset. Begitu juga dengan website online. Artinya, dengan memiliki website profesional, nilai bisnis juga akan lebih berharga.

Pertanyaanya adalah bagaimana website bisa membuat nilai bisnis kita menjadi lebih meningkat?.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jika diuraikan lebih detail tentu akan membutuhkan penjelasan manfaat website lebih panjang lagi.

Nah, agar tak terlalu panjang lebar, 18 item berikut mungkin bisa menambah wawasan dan keyakinan kita betapa banyaknya manfaat dan keuntungan memiliki website untuk bisnis atau perusahaan. antara lain:

bersambung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here