Perkembangan duni internet dan digital yang semakin maju tentu membawa efek tersendiri bagi masyarakat. Salah satunya adalah semakin bertumbuhnya website dan konten yang semakin menjamur. Hal itu tentu medorong para pelaku industri dan perdagangan untuk memiliki website sebagai salah satu sarana yang wajib.

Namun, dengan semakin berkembangnya website dan konten, memiliki website saja tentu menjadi belum cukup untuk mendatangkan pelanggan ataupun meningkatkan transaksi. Untuk memperoleh impact yang maksimal dari keberadaan website maka ada hal penting lainya yang mesti diperhatikan, yaitu melakukan perawatan website secara profesional. Tujuan utamanya adalah agar website selalu fresh, berfungsi optimal & terupdate dengan baik.

Mengapa website butuh perawatan? Untuk apa perwatan website itu? Apa Manfaat Perawatan Website?

Nah, agar lebih jelas tentang pentingnya perawatan website, berikut ini adalah kami tulisan beberapa alasan mendasar tentang perlunya melakukan perawatan (maintenance) website secara profesional. Antara lain;

1. Google sselalu memperbaharui algoritmanya sehingga lebih selektif dalam menampilkan hasil pencarian

Tumbuhnya konten di internet yang semakin pesat mendorong Google sebagai mesin pencari yang menguasai sekitar 70% pencarian konten di dunia memperketat hasil pencariannya. Tujuan google melakukan itu tentu karena ingin menyuguhkan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas. Akibatnya, saat ini hanya website memiliki kualitas  (secara google/seo) saja yang akan muncul di halaman pertama mesin pencari tersebut.

Dengan demikian, merawat website tentu tidak cukup dengan sekedar menambahkan konten secara rutin saja. Karena konten yang disajikanpun harus memiliki standar yang mengacu pada kualitas yang ditentukan google. Dalam bahasa lebih sederhana, konten website perlu disajikan dengan strategi tersendiri yaitu yang disebut dengan SEO, agar mudah “dikenali” dan diindeks oleh google.

2. Pelanggan ingin mendapat respon yang cepat dari pegelola

Seiring perkembangan waktu, bukan hanya google yang memperbaharui algoritmanya saja, tetapi juga para pengguna internet yang juga semakin pintar. Para pengguna internet saat ini semakin cerdas dan selektif dalam memilih konten. Mereka bukan lagi sekedar mencari produk, tetapi juga melakukan perbandingan sebelum melakukan transaksi. Baik dari sisi kualitas produk, harga, bahkan juga kualitas dan kecepatan pelayanan dari pengelola website.

Dengan demikian, sebagai pemilik website, Anda tentu juga harus semakin rutin membuka web anda, membalas email ataupun komentar, dan menindaklanjuti permintaan sesegera mungkin. Dengan respon yang cepat, setidaknya hal itu menunjukkan bahwa perusahaan Anda memliki keseriusan yang baik dalam melayani konsumen.

3. User ingin mendapat informasi up to date dari website

Salah satu fungsi mendasar dari sebuah website adalah menyuguhkan informasi yang dibutuhkan pengguna. Jika informasi dalam konten website Anda bagus, maka para pengunjungnyapun akan merasa puas. Informasi yang terupdate secara rutin akan menjadi daya tarik yang kuat untuk menjadikan web Anda memiliki pengunjung yang loyal. Bahkan tak jarang melakukan kunjungan kembali saat membutuhkan informasi lainya.

Lalu berapa batasan minimal melakukan update konten website?

Tak ada ukuran pasti berapa jumlah konten yang mesti diupdate dan kapan mesti dilakukan. Namun, rata-rata pemilik website profesional akan melakukan update konten setidaknya 2 hari sekali.

4. Social media merupakan tempat untuk berkumpul sebagian besar pengguna internet

Media sosial adalah salah satu media yang memiliki pengguna tersbesar di dunia online. Hal ini karena untuk menggunakan medsos, selain gratis juga tak membutuhkan memiliki kemampuan tertentu. Dengan demikian, social media bisa menjadi penghubung yang mudah antara perusahaan dengan calon ataupun pelangganya.

Dengan media sosial, perusahaan dapat menyapa pelanggan secara langsung. Begitu juga sebaliknya, pelanggan dapat menyampaikan pengalaman dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan Anda.

Tidak ada batasan yang pasti berapa lama Anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan social media merketing. Prinsipnya adalah tetap meluangkan waktu khusus untuk memberikan informasi terbaru mengenai perusahaan Anda, dan memberikan respon yang cepat setiap saat ketika pelanggan menyapa Anda.

5. Kebutuhan industri untuk merubah tampilan/fungsi website dengan cepat

Seperti layaknya front office kantor atau toko offline yang untuk menyampaikan perubahan informasi terkadang juga melakukan penggatian banner. Begitu juga dengan website, untuk mempublikasikan informasi tertentu kadang juga perlu dengan menggunakan banner baru ataupun membuat halaman khusus.

Dengan demikian, untuk mengelola website secara profesional Anda harus memiliki keterampilan dalam bidang desain visual dan coding untuk mengeksekusi pekerjaan ini.

6. Serangan virus dan hacker terhadap website meningkat

Data menyebutkan bahwa serangan virus dan hacker ke website meningkat dari tahun ke tahun, dengan modus yang beragam. Dari sekedar iseng, sampai membuat sistem web target menjadi lumpuh.

Pemilik website tentu perlu mengontrol kondisi kesehatan website. Hal ini karena banyaknya program-program ataupun script-script yang bertebaran di internet yang belum kita tahu kejelasanya. Tujuanya adalah agar jangan sampai website kita tersusupi program-program jahat yang merugikan.

7. Hosting membutuhkan perawatan

Seperti halnya komputer ataupun juga laptop, hosting sebagai tempat menyimpan program website kita juga membutuhkan monitoring dan perawatan. Lakukan pengecekan kondisi hosting paling lama 3 hari sekali, untuk memastikan CPU usage berada dalam keadaan aman.

8. Backup berkala data website

File file sistem atau data dalam hosting perlu dibackup secara berkala untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi keadaan force majure. Misalnya serangan virus atau hacker menembus sistem keamanan sistem web kemudian menyebabkan semua data hilang, atau tempat penyimpanan server hosting terjadi bencana alam atau peperangan.

Untuk melakukan proses di atas, setidaknya dibutuhkan 5 kompetensi dari beberapa disiplin ilmu antara SEO, Penulis/editor yang mengerti SEO, UI designer, Social Media expert dan security expert serta sistem kerja untuk menangani setiap permintaan atau keluhan perusahaan dan pelanggan.

Meskipun perusahaan Anda memiliki website, belum tentu memiliki impact yang signifikan terhadap angka penjualan produk Anda jika tidak melakukan perawatan (maintenance) secara optimal pada aspek di atas.

Nah, cara yang paling mudah melakukan maintenance website adalah dengan menyerahkan pada penyedia jasa perawatan website yang profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here