Home Website Pengertian, Masa Waktu dan Cara Cek Propagasi Domain

Pengertian, Masa Waktu dan Cara Cek Propagasi Domain

0
Pengertian, Masa Waktu dan Cara Cek Propagasi Domain

Apa itu Propagasi Domain?

Bagi para web master ataupun web developer, propagasi domain bukanlah istilah yang aneh. Para web developer maupun web master bisa dipastikan akan sering bersentuhan dengan aktivitas propagasi (DNS) domain ketika membangun ataupun memindahkan sebuah website dari hosting lama ke hosting baru.

Lalu apa sih sih sebenarnya propagasi domain itu ?

Untuk memudahkan pemahaman, kita akan mengambil sampel dari masalah teknis umum yang sering muncul dan dialami pada sebuah website ketika diakses.

Setelah anda melakukan pergantian Name Server (NS), pernahkah website anda tidak dapat diakses? Atau pernahkah anda mengalami domain yang anda arahkan ke hosting baru tetapi tetap masih mengarah ke hosting lama (padahal Anda merasa telah mengarahkan Name Server yang baru) ?

Jika hal itu terjadi, ANda tak usah risau apa lagi galau. Kejadian tersebut adalah hal wajar yang biasanya terjadi saat kita baru mengubah NS pada domain. Hal itu terjadi karena sistem DNS yang tidak terpusat. DNS server harus pindah satu- persatu untuk mengubah pengaturan DNS yang mereka miliki. Dengan demikian pastinya akan membutuhkan waktu tertentu. Waktu perpindahan DNS server inilah yang disebut dengan Masa Propagasi Domain.

Berapa Lama Waktu Propagasi Domain ?

Masa propagasi domain adalah waktu yang dibutuhkan sebuah domain untuk tersambung dengan server hosting. Pada dasarnya ketika anda mengganti nameserver domain anda, maka domain tersebut akan langsung terpointing ke hosting baru. Namun tidak semua penggantian name server terjadi demikian. Terkadang sistem DNS internet anda belum mengetahui/update perubahan DNS tersebut. Sehingga seolah-olah domain masih mengarah ke hosting yang lama. Apalagi jika anda sudah mengaksesnya ketika domain tersebut nameservernya sebelum dipindahkan, maka otomatis browser anda/komputer atau ISP anda masih menyimpan cache DNS yang mengarah ke hosting lama. Sehingga ketika anda mengarahkan nameserver ke hosting baru, cache DNS tersebut masih mengarahkan domain tersebut ke hosting lama.

Waktu yang dibutuhkan dalam masa propagasi domain ini bervariasi, mulai dalam hitungan menit atau bahkan ada juga yang hingga ber hari-hari. Biasanya Domain Propagation Period dapat berlangsung 1×24 jam. Tetapi kadang bisa mencapai 1×48 jam tergantung ISP yang digunakan. Apabila melebihi waktu tersebut website anda belum dapat digunakan atau Name Server (NS) nya belum berpindah, maka anda bisa menghubungi support dari hosting yang anda gunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here