Home Featured Panduan Lengkap Belajar: Menguasai WordPress Dengan Mudah

Panduan Lengkap Belajar: Menguasai WordPress Dengan Mudah

0
Panduan Lengkap Belajar: Menguasai WordPress Dengan Mudah

WordPress adalah salah satu CMS (content management system) yang sangat populer di kalangan web developer. Bahkan konon menjadi cms terbaik yang direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin belajar cara membuat website. 

Hampir tidak ada pembuat website yang tak mengenal cms wordpress ini. Terlalu populernya, bahkan banyak pula sistus-situ besar yang dibangun menggunakanya content management system berbasis php yang satu ini. 

Bukan hanya karena wordpress ini tak harus berbayar alias gratis. Tetapi juga dukungan pengembangan fitur-fiturnya yang hampir tak berbatas. Selain itu, proses mempelajarinya juga tergolong mudah karena banyaknya forum-forum pendukung yang membahasa tentang wordpress. Karena kemudahanya, bahkan bagi anda yang belum mengenal pemrogramanpun bisa membuat website sederhana dengan menggunakan wordpress.  

Itulah baru sekilas tentang kelebihan WordPress.

Dalam panduan belajar wordpress ini, anda akan bisa belajar dasar-dasar WordPress. Tutorial wordpress ini akan dimulai dari instalasi sampai menguasai fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Namun, sebelum anda memasuki hal yang lebih teknis dalam membuat website menggunakan wordpres, ada baiknya ada pahami lebih dulu apa itu wordpress?

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source. Dalam arti yang lebih mudah, WordPress merupakan sebuah software berbasis php yang akan memudahkan anda dalam membuat website beserta mengelola kontennya secara online.

Pada awal mulanya, WordPress hanya digunakan untuk membuat blog pribadi. Namun karena perkembanganya, sekarang WordPress juga sering digunakan sebagai website dengan fungsi lain, misalnya situs komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil perusahaan, website perusahaan, portal berita, website perusahaan, bahkan hingga toko online. Konon kabarnya, dari jutaan web yang ada di dunia internet ini lebih dari 25% nya dibuat dengan CMS WordPress.

Ini beberapa di antaranya:

Website pengguna WordPress

Mayoritas orang, bahkan anda sendiri pun secara sadar atau tidak sadar bisa dipastikan pernah mengunjungi website berbasis WordPress. 

Mengapa WordPress bisa begitu populer?

Alasan mendasarnya selain gratis adalah karena proses pembuatan web dengan wordpress ini cenderung mudah. Bahkan orang yang baru kenal komputer sekalipun bisa membuat website dalam hitungan menit.

Namun sesungguhnya bukan hanya itu yang menjadi alasan mengapa banyak website dibangun menggunakan cms yang dikenal juga dengan singkatan WP.

Berikut adalah beberapa alasan mendasar kenapa banyak website-website besar yang dibuat menggunakan WordPress:

  1. Berbeda dengan php, dengan menggunakan wordpress tidak perlu dari nol dalam membangun website.
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur.
  3. Banyak dukungan theme dan plugin yang tersedia sehingga memudahkan anda dalam menambahkan fitur ataupun mengubah tampilan, meskipun tidak paham sedikit pun tentang web programming.
  4. Banyak tutorial dan forum-forum diskusi tentu membuat proses belajarnya menjadi sangat mudah.
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Itulah beberapa kelebihan wordpress yang membuatnya sejak 2003 menjadi cms yang snagat populer.

Nah, bagi anda yang ingin belajar membuat website menggunakan wordpress, berikut adalah daftar turorial wordpress yang akan memandu anda belajar mudah membuat website dari nol hingga mahir;

  • Perbandingan WordPress dengan Blogger
  • Tutorial Instalasi WordPress
  • Tutorial Membuat Post WordPress
  • Tutorial Insert Video dalam Post
  • Perbedaan Post dan Page
  • Mengatur Kategori dan Tag
  • Cara Mengganti Themes
  • Tutorial Instalasi PlugIn
  • Cara Menggati Favico
  • Mengatur Widget
  • Membuat Menu Navigasi
  • Cara Mengubah Permalink
  • Pengaturan Dasar WordPress

Tutorial wordpress tersebut sengaja dipisah-pisah dengan tujuan untuk memudahkan dalam belajar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here