Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Website

No Comments

Jasa Layanan Website & SEO Marketing Profesional

Jasa SEO No 1, Promosi & Digital Marketing profesional, murah & bergaransi

Jasa Membuat & Merawat berbagai macam web secara profesional, murah & bergaransi

Bagi Anda yang akan membuat website (baik website pribadi, organisasi, web perusahaan, toko online ataupun web bisnis dll) memilih nama domain adalah hal yang sangat penting. Mengunakan nama domain asal-asalan untuk sebuah website bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Saya sendiri pernah mengalami hal semacam itu. Entah berapa kali saya membeli domain yang kemudian pada akhirnya tidak saya gunakan. Karena pengalaman kurang enak tersebut, saya ingin berbagi cara memilih nama domain yang tepat untuk website anda. Tujuanya adalah agar anda tak mengalami hal serupa dengan kejadian saya.

Namun sebelum membahas bagaimana cara rahasia memilih domain yan bagus, ada baiknya kita bahas dulu secara singkat Apa itu domain?. Ini penting bagi Anda yang belum memahami apa itu domain. Namun bagi yang sudah paham tentang domain,  bisa melewatkan dan terus scrool ke bawah untuk sampai ke pembahasan cara memilih nama domain yang bagus agar website lebih profesional.

Secara sederhana, bagi dunia website, domain adalah nama yang digunakan oleh sebuah website seperti “winetpedia.com” untuk website winet pedia ini, atau “onepangandaran.com” untuk website cv one pangandaran. Domainmerupakan nama unik yang mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain selalui memiliki extensi domain masing-masing yang saat ini sudah sangat beragam (seperti .com .net .co.id .sch.id dan lain-lain) . Entah berapa jumlah extensi domain yang saat ini digunakan, yang jelas masing-masing extensi domain ini memiliki tujuan penggunaan masing-masing. Contoh seperti extesi .sch.id yang digunakan untuk website sekolah, .com yang digunakan untuk commercial dan sebagainya. Masing-masing extensi domain ini menentukan harga nama domainnya (dan juga persyaratan kepemilikan domain yang harus dipenuhi saat membeli).

Dengan banyaknya pilihan ini, tentunya anda juga harus pinter dan jeli menentukan domain dengan extensi apa yang akan anda gunakan sebagai alamat (nama website) website.

Berikut tips memilih nama domain yang tepat agar anda memiliki website yang sukses!

1. Bedakan istilah

Bagi seorang internet marketer, nama domain sangat berpengaruh terhadap keberhasilan marketinynya. Anda harus jeli membedakan URL dan nama domain anda. Contohnya sangat mudah, http://www.travelpedia.co.id adalah URL website, sedangan nama domainya adalah travelpedia.co.id.

2. Gunakan Branding Perspectives

Untuk memilih nama domain yang bagus, jangan lupa untuk menggunakan branding perspectives dalam menentukan nama domain anda. Melalui perspektif ini anda akan lebih mudah untuk mendeskripsikan bisnis anda melalui alamat domain.

Coba lihat contoh berikut!

  • Generic / decriptive branding: sampaikan usaha anda secara singkat melalui tujuannya contoh travelpedia.co.id
  • Personal branding: berikan kesan terpercaya dan kepemilikan yang terakreditasi contohnya masfata.id
  • Hybrid branding: Dalam penamaan ini, mengandung nama perusahaan dan tujuannya. Contoh mitrapangandaran.com dan atlanticpangandaran.com
  • Suggestive branding: Berkaitan dengan tujuan perusahaan dengan bahasa yang abstrak. Contoh: pangandaranwisataseru.com
  • Fanciful branding: Penamaan tidak berkaitan dengan langsung dengan tujuan perusahaan. Contoh: starbucks.com

3. Pilih Ekstensi yang Tepat

Selain nama, hal yang tak kalah penting dalam memilih nama domain adalah extensi domainya. Ekstensi domain yang dimaksud adalah identifikasi atau klasifikasi dari nama domain. Ada banyak ekstensi yang tersedia seperti .com, .net, .xyz, .top, .online, .id, .co.id, .travel dan lain-lain. Tentunya banyak pilihan ekstensi domain berdasarkan klasifikasi dari usaha anda seperti .com yang populer atau .surf yang sudah spesifik.

4. Pilih Nama yang Sederhana

Nama domain yang sederhana akan lebih mudah diingat pengunjung, tujuanya adalah untuk memudahkan pengunjung mengakses lansung website kita saat akan berkunjung kembali. Yang dimaksud sederhana di sini adalah penggunaan nama domain tidak terlalu panjang. Selain itu, Nama domain juga harus mudah diingat, diidentifikasi, dan unik. Tentu akan menjadi hal yang sangat baik, jika penggunaan nama domain tidak terlalu rumit dan tidak begitu panjang seperti misalnya; winetpedia.com, travelpedia.co.id, mitrapangandaran.com dan sebagainya. Makin pendek namanya, akan makin mudah dikenali bukan?

Sudah menentukan nama domain yang bagus untuk wesite anda tetapi belum bisa membuat website? jangan khawatir, kami akan membantu Anda untuk membuat website yang bagus & profesional. Silahkan klik di sini

 

Jasa Layanan Website & SEO Marketing Profesional

Jasa Membuat & Merawat berbagai macam web secara profesional, murah & bergaransi

Jasa SEO No 1, Promosi & Digital Marketing profesional, murah & bergaransi

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

There is no form with title: "SEOWP: MailChimp Subscribe Form – Vertical". Select a new form title if you rename it.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment