Tips Instagram Story: Cara Membuat Instagram Stories Keren dari Foto Lama

0
14
tips instagram story

Saat ini Instagram jadi salah satu platform yang banyak digandrungi para kawula muda. Bukan cuma sekedar buat ajang pamer foto saja, Instagram juga punya banyak hal yang memudahkan seseorang dalam meng-edit foto, mencari lokasi menarik, sampai menjalankan promosi sebuah bisnis.

Tapi apa kamu sudah tahu kalau saat ini Instagram punya fitur baru yang bakal bikin para user-nya semakin betah? Nah, pastikan dulu kamu sudah meng-update aplikasi yang satu ini ke versi paling baru KLovers. Yap, karena sekarang ada fitur baru bernama Instagram Stories yang lagi ramai dibicarakan.

Terus, apa sih Instagram Stories itu? Jadi, update terbaru ini bikin kamu bisa mem-posting berbagai foto atau video yang nggak akan muncul di halaman profile dan bakal terhapus dalam waktu 24 jam. Mirip seperti Snapchat? Iya, tapi sebaiknya kamu tetap menyimak fitur baru yang satu ini dulu KLovers.

Dalam Instagram Stories, kamu bisa menambahkan berbagai filters, teks, sampai sticker yang akan menghiasi setiap posting-an kamu di social media itu. Karena bersifat temporer, fitur unik ini bakal pas banget untuk kamu yang suka mem-posting OOTD atau cerita singkat untuk momen terbaik dalam satu hari.

Begitu di-update, kamu bisa menemukan fitur ini di pojok kiri atas tampilan Instagram. Sisanya seperti fitur standar Instagram, kalau profile kamu di-private, berarti cuma followers-mu saja yang bisa melihat atau memberi komentar pada Instagram Stories-mu.

Oh iya, menariknya lagi kamu punya kesempatan stalking yang nggak terbatas untuk fitur yang satu ini. Yap, karena di Instagram Stories, kamu bisa melihat siapa saja orang yang melihat setiap foto dan video yang di-posting di dalamnya. Tapi, memang terkesan seperti Snapchat sih. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana KLovers? Coba kasih komentar kalian.

Instagram Stories biasanya menggunakan foto baru. Entah foto langsung atau sampai batas 24 jam. Namun, dengan trik tertentu kita bisa membuat Instagram Stories dengan foto lama dari galeri, yang berumur lebih dari 24 jam.

Kenapa upload foto lama? Bukannya Stories lebih seru kalau pakai yang baru?

Ada beberapa kemungkinan. Ada momen menarik yang sudah lewat tapi bagus untuk Instagram Stories, atau untuk kiriman sejenis #throwback atau #nostalgia. Tergantung kreativitasmu.

Lalu, apa yang harus dilakukan supaya bisa upload foto lama dari galeri ke Instagram Stories? Sebenarnya, intinya adalah menipu supaya handphone menganggap foto itu adalah foto baru. Paling tidak, ada dua cara untuk hal itu.

Dengan screenshot

  1. Buka foto yang kamu inginkan.
  2. Buat screenshot foto tersebut.
  3. Buka Instagram > Stories.
  4. Lihat di daftar foto terbaru (24 jam terakhir).
  5. Foto tersebut ada di sana.

Dengan aplikasi edit foto

Cara ini tidak jauh berbeda dengan screenshot.

  1. Buka foto dengan aplikasi edit favoritmu.
  2. Edit seperti biasa, dan simpan.
  3. Buka Instagram > Stories.
  4. Lihat di daftar foto terbaru (24 jam terakhir).
  5. Foto tersebut ada di sana.

 

Proses screenshot dan edit foto akan mencatat foto lama sebagai foto baru di galeri handphone. Demikianlah, Instagram menganggap foto itu sebagai foto baru (24 jam terakhir). Kita pun bisa membuat Instagram Stories dengan foto lama tersebut.

Ada sebuah kasus menarik. Salah satu aplikasi edit yang saya coba adalah Snapseed. Setelah selesai edit foto, saya cek di galeri (Google Photo). Di sana masih tercantum tanggal saat foto diambil (dua bulan lalu). Tapi waktu saya buka di Instagram Stories, foto itu masuk dalam 24 jam terakhir. Lucu kan?

Itulah cara mengakali upload foto lama ke Instagram Stories dari galeri. Trik sederhana tapi bisa membuat Stories kita lebih berwarna. Tidak selalu berisi foto yang itu-itu saja. Namanya juga Stories. Bagaimana kita bercerita ya terserah kita. Semakin kreatif pasti semakin menarik.

Daftar Artikel Tips Trik Instagram

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here